ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MELAYA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Komang, Sudiantara (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MELAYA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011134-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011134-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011134-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011134-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011134-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Melaya tahun pelajaran 2020/2021. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman, yaitu: 1) kesalahan membaca; 2) kesalahan memahami soal; 3) kesalahan transformasi; 4) kesalahan proses perhitungan; 5) kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan 23 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada setiap item dengan berbagai jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca 10 kali, kesalahan pemahaman 125 kali, kesalahan transformasi 20 kali, kesalahan proses perhitungan 70 kali, dan kesalahan penulisan jawaban 5 kali. Ada 3 faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, yaitu: 1) kesulitan memahami masalah; 2) tidak memahami konsep dan operasi pecahan; 3) dan karena lupa serta tidak teliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Soal Cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Komang Sudiantara
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:14
Last Modified: 22 Feb 2021 05:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item