ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA TAHUN AJARAN 2018/2019

Dewi, Cindra (2019) ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031009-COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031009-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031009-LAMPIRAN.pdf

Download (51MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar kimia siswa, dan hambatan-hambatan guru dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran kelas XI MIPA di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Silabus dan RPP untuk kelas XI MIPA dibuat secara mandiri oleh guru yang mana komponen-komponennya disesuaikan dengan standar proses, namun terdapat beberapa komponen silabus dan RPP yang belum memenuhi standar proses. Komponen silabus yang belum memenuhi standar proses yaitu materi pembelajaran, sedangkan komponen RPP yang belum memenuhi standar proses yaitu Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan instrumen penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. (3) Penilaian hasil belajar siswa mencangkup penilaian pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun penilaian pengetahuan dan keterampilan belum memenuhi standar penilaian pendidikan karena terdapat ketidaksesuaian antara instrumen penilaian yang direncanakan dengan instrumen penilaian yang digunakan, ketidaksesuaian instrumen penilaian pengetahuan dengan IPK, serta tidak dilaksanakannya program remidial (4) Hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran, yaitu belum mampu menyusun indikator dan tujuan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013, belum merevisi RPP, kesiapan siswa, keterbatasan waktu, banyaknya KD yang dinilai, dan rendahnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, pengelolaan pembelajaran kimia, kelas XI MIPA, SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: I Luh Pt Cindra K.Dewi
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:57
Last Modified: 24 Oct 2019 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item