PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI

Krystiandini, Ferosi (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413031010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413031010-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413031010-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan validitas; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia pokok bahasan reaksi reduksi dan oksidasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tahapan penelitian yang dilakukan adalah: (1) pengumpulan data; (2) desain produk; (3) validasi desain; (4) revisi desain; (5) uji coba lapangan terbatas; (6) dan revisi produk. LKS yang dikembangkan terdiri dari empat subtopik bahasan. Validasi isi pada LKS dilakukan dengan melibatkan dua orang ahli isi dan dua orang praktisi. Validasi bahasa pada LKS dilakukan dengan melibatkan satu orang ahli bahasa. Uji coba lapangan terbatas melibatkan 9 orang siswa kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Karakteristik LKS berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan reaksi reduksi dan oksidasi yang dikembangkan yaitu: (1) LKS memuat langkah pembelajaran 5M yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan; serta (2) pada masing-masing LKS disajikan sebuah fenomena yang kontekstual. Validitas LKS memenuhi kriteria sangat valid dari aspek identitas, desain, isi, karakteristik pendekatan saintifik, dan bahasa. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas, data yang dikumpulkan melalui tiga teknik yaitu observasi, angket, dan wawacara menunjukkan LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, langkah pembelajaran 5M, reaksi reduksi dan oksidasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ni Kmg Ferosi Krystiandini
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:23
Last Modified: 23 Oct 2019 08:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item