Pranata, I Putu Wirya (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021002-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (738kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021002-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline, dan (2) mendeskripsikan hasil validitas media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah ADDIE Model. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Pada penelitian pengembangan, uji coba produk merupakan tahap untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Subjek uji coba produk dalam pengembangan media pembelajaran interaktif meliputi: (1) review ahli isi mata pelajaran, (2) review ahli desain pembelajaran, (3) review ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan dan (5) uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu, (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation); (2) Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline valid berdasarkan, (a) hasil review ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,0%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan baik (85,0%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,0%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (97,6%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (97,0%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran IPA kelas VII layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Putu Wirya Pranata |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 07:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5518 |
Actions (login required)
View Item |