Ayu Widi Sari, Komang (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051064-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051064-ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051064-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang masih manual serta keterbatasan siswa dalam memahami materi dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini perlu adanya pengembangan khususnya pada media pembelajaran animasi 2 dimensi yang tepat harus menjadi kunci utama agar siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian pengembangan media ini adalah (1) sebagai penunjang proses pembelajaran siswa di sekolah menengah atas dalam mempelajari materi bahasa Inggris “Too vs Enough” (2) mampu mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran animasi 2 dimensi mata pelajaran bahasa Inggris. Pengembangan media pembelajaran animasi 2 dimensi mata pelajaran bahasa Inggris kelas X ini menggunakan model MDLC yang terdiri dari enam tahapan yaitu Pengonsepan (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution). Beberapa pengujian digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran animasi 2 dimensi yang diantaranya adalah uji ahli isi dengan rata-rata hasil perhitungan sebesar 100% dan uji ahli media sebesar 92% menunjukkan pada kriteria “Valid”, uji perorangan diperoleh persentase 85% yang termasuk dalam kriteria baik, uji kelompok kecil diperoleh presentase 89,1% yang termasuk dalam kriteria baik, uji lapangan diperoleh presentase 82,3% yang termasuk dalam kriteria baik, uji efektivitas diperoleh 77,02% yang termasuk dalam kriteria tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Animasi 2 Dimensi, Bahasa Inggris, MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | KOMANG AYU WIDI SARI |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:25 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5524 |
Actions (login required)
View Item |