Pengembangan Multimedia Flashcard Bilingual Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Bali Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Paket Agung Tahun Pelajaran 2019/2020

Wiweka, I Nyoman Arya and Mahadewi, Luh Putu Putrini and Suwatra, Ignatius I Wayan (2021) Pengembangan Multimedia Flashcard Bilingual Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Bali Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Paket Agung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021025-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021025-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian pengembangan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia flashcard bilimgual, dan (2) untuk mengetahui validitas pengembangan multimedia flashcard bilingual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, dan penyebaran kuesioner. Penelitian pengembangan ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase data dari kuesioner yang telah disebar. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: (1) rancang bangun multimedia flashcard bilingual terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) hasil uji validitas oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukkan bahwa multimedia flashcard bilingual valid digunakan berdasarkan: (a) hasil review ahli isi bidang studi dengan kualifikasi baik (83%); (b) hasil review ahli desain media dengan kualifikasi sangat baik (91%); (c) hasil review ahli media dengan kualifikasi baik (83%), (d) hasil uji coba peroarangan dengan kualifikasi sangat baik (94%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93,7%). Dengan demikian, minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Bali akan meningkat dan guru menjadi inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan multimedia flashcard bilingual. Berdasarkan temuan tersebut, agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai penunjang untuk penelitian lagi serta, menambah wawasan guru, orang tua, siswa, dan pembaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Bahasa Bali, Flashcard Bilingual.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I NYOMAN ARYA WIWEKA
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:20
Last Modified: 25 Feb 2021 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item