PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI BERORIENTASI GAMIFIKASI UNTUK SISWA KELAS 4 NORTH BALI BILINGUAL SCHOOL

Purniasih, Ni Ketut Dewi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI BERORIENTASI GAMIFIKASI UNTUK SISWA KELAS 4 NORTH BALI BILINGUAL SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051101-COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051101-ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1515051101-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1515051101-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051101- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

North Bali Bilingual School terdapat masalah dalam proses pembelajaran dikelas, guru dalam mengajar siswa masih mengacu pada buku pelajaran, selain itu guru menyiapkan media seperti kartu, poster dan video yang diunduh pada internet. Namun video tersebut belum ada penyampaianya yang mudah dipahami dan sesuai dengan buku pembelajaran siswa kelas 4 SD, contohnya seperti konten Sumber Energi. Sumber Energi merupakan suatu konsep yang sulit untuk dimengerti, karena tidak memiliki bentuk fisik, akan tetapi akibatnya dapat dilihat, dirasakan tentang apa yang telah di kerjakan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan media pembelajaran berorientasi gamifikasi untuk kelas 4 SD untuk memfasilitasi proses belajar mengajar dan memotivasi siswa dalam suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dalam pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) terdiri dari 6 tahapan yaitu, pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing) dan pendistribusian (distribution). Hasil penelitian ini berupa sebuah media pembelajaran yang baik yang dikemas dalam bentuk CD. Terdapat beberapa pengujian untuk mengetahui kelayakan media, terdiri dari uji ahli isi dengan hasil 100% sangat baik, uji ahli media 100% sangat baik kemudian uji respon terhadap siswa tediri tiga kategori pengujian yaitu hasil presentase uji respon perorangan sebanyak 96,66% kemudian uji respon kelompok sebanyak 96,11% dan uji respon lapangan sebanyak 97,06%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Multimedia, Model MDLC, Gamifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Ketut Dewi Purniasih
Date Deposited: 24 Oct 2019 05:31
Last Modified: 24 Oct 2019 05:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item