TEACHING THE 21ST CENTURY SKILLS (4Cs) IN ENGLISH LITERACY ACTIVITIES IN SMKN 1 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2019/2020

Ratama, I Putu (2021) TEACHING THE 21ST CENTURY SKILLS (4Cs) IN ENGLISH LITERACY ACTIVITIES IN SMKN 1 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081002-COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081002-ABSTRACT.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081002-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081002-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (425kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081002-LAMPIRAN .pdf

Download (912kB)

Abstract

I Putu Ratama (2020), Teaching the 21st Century Skills in English Literacy Activities in SMKN 1 Singaraja in Academic year 2019/2020. Thesis, English Education, Post graduate Study Program, Ganesha University of Education. Kata Kunci: Kegiatan literasi Bahasa Inggris, Skill Abad 21 (4Cs), Mengajarkan. ABSTRAK Program literasi sudah digaungkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dari tahun 2015. Mengajarkan skill lainnya dalam penerapan aktivitas-aktivitas literasi sangat penting untuk mempersiapkan siswa dalam bersaing di dunia kerja, utamanya pada Sekolah kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvstigasi (1) jenis – jenis kegiatan literasi Bahasa Inggris yang di terapkan di SMKN 1 Singaraja, (2) bagaimana mengajarkan skill abad 21st (4Cs) dalam kegiatan literasi Bahasa Inggris di SMKN 1 Singaraja yang terdiri dari persiapan, langkah-langkah, dan penilaian dari skill (4Cs) tersebut, (3) Tantangan yang dihadapi oleh Guru ketika mengajarkan skill abad 21st (4Cs) dalam kegiatan literasi Bahasa Inggris di SMKN 1 Singaraja. Desain dari penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Penelitian in dilakukan di SMKN 1 Singaraja dan subyek dari penelitian ini adalah 120 siswa dan 3 Guru di Sekolah ini. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, interview, catatan, analisis dokumen dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat 5 jenis kegiatan literasi Bahasa Inggris yang diterapkan di Sekolah ini yaitu, Reading Response Journal, News Reading Program, Guiding Object Commentary, Travel Itinerary Writing, dan Coopeartive Literacy Program. (2) Dalam penerapan kegiatan literasi Bahasa Inggris, Guru mengajarkan skill abad 21st (4Cs). Dalam Reading Response Journal, Skill abad 21st yang di ajarkan adalah skill berpikir kritis, kolaborasi dan komunikasi. Dalam News Reading Program dan Cooperative Literacy Program, Semua skill abad 21st (4Cs) di ajarkan. Dalam Guiding Object Commentary, terdapat 3 skill yang diajarkan yaitu skill berpikir kritis, kreatifitas, dan komunikasi. Yang terkahir, terdapat 3 skill yang diajarkan di Travel Itinerary Writing, yaitu skill berpikir kritis, kolaborasi dan kreatifitas. (3) Dalam mengajarkan skill abad 21st, Guru-guru masih memiliki tantangan dalam mengajarkan skill berpikir kritis, kolaborasi dan komunikasi. Disini tidak terdapat tantangan dalam mengajarkan skill kreatifitas dalam kegiatan literasi Bahasa Inggris. Penelitian ini diharpkan agar berguna bagi pembuat kebijakan, Sekolah dan Guru-guru yang memiliki usaha yang besar dalam menerapkan program literasi yang efektif di Sekolah. Kegiatan – kegiatan dan cara pengajaran dari skill abad 21st dapat diadopsi untuk meningkatkan tingkat program literasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kegiatan literasi Bahasa Inggris, Skill Abad 21 (4Cs), Mengajarkan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Putu Ratama
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:18
Last Modified: 25 Feb 2021 10:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item View Item