PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) MENGGUNAKAN MODEL CHAPNICK STUDI KASUS : SMK N 1 GEROKGAK

Edi Budiarta, I Kadek (2020) PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) MENGGUNAKAN MODEL CHAPNICK STUDI KASUS : SMK N 1 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1415051069-COVER.pdf

Download (642kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1415051069-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415051069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415051069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1415051069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415051069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1415051069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1415051069-BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1415051069-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan era globalisasi ini tidak terlepas dari salah satu bidang yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerapan internet di bidang pendidikan yang paling jelas implementasinya dan sedang menjadi trend sekarang adalah penggunaan e-learning. (Chapnick, 2000) memperingatkan bahwa harus berhati-hati dalam proses adopsi e-learning untuk suatu organisasi. Mereka menegaskan bahwa adopsi e-learning tanpa perencanaan yang cermat kemungkinan besar akan berakhir dengan cost overruns, produk pembelajaran yang tidak menarik, dan kegagalan. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian tentang tingkat kesiapan suatu organisasi dalam penggunaan elearning (elearning readiness) , elearning readiness merupakan kesiapan mental atau fisik suatu organisasi untuk suatu pengalaman pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti mengambil studi kasus di SMKN 1 Gerokgak , menggunakan metode penelitian survey model Chapnick dengan 8 kategori yaitu Psycological, Sociological, Enviromental, Human Resources, Financial, Technological skill, Equipment ,dan Content. Setelah semua data terkumpul maka selanjutnya peneliti melakukan pengukuran dengan skala pengukuran Aydin & Tasci untuk menentukan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Gerokgak mendapatkan skor e-learning readiness sebesar 3,98. Yang berarti SMKN 1 Gerokgak telah siap, tetapi membutuhkan sedikit perbaikan dalam faktor psycological readiness, environmental readiness, human resource readiness, financial readiness, technological skill readiness, dan equipment radiness. Sedangkan faktor yang telah siap yaitu sociological readiness dan content readiness. Kata kunci : Globalisasi, trend , e-learning, Chapnick, e-learning readiness

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Globalisasi, trend e-learning, Chapnick, e-learning readiness
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I KADEK EDI BUDIARTA
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:43
Last Modified: 26 Feb 2021 07:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item