Salim, Ikhwan (2021) STUDI KEEFEKTIFAN APLIKASI PERALATAN ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI PADA KELAS XII MADRASAH ALIYAH (MA) SYAMSUL HUDA TAHUN PELAJARAN2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1315061014-COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1315061014-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1315061014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1315061014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1315061014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1315061014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1315061014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1315061014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1315061014-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi elektronik dalam pembelajaran daring di masa pandemi pada kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Syamsul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Informan sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas XII IPS Madrasah Aliyah (MA) Syamsul Huda. Teknik analisis data kualitas pembelajaran guru meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data, serta analisis data secara deskriptif. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah (MA) Syamsul Huda secara keseluruhan menggunakan model daring dengan aplikasi yang digunakan berupa whatsapps. Hal tersebut dirasakan paling praktis dan minim kuota dibandingkan aplikiasi lainnya. Pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, namun dirasakan sebagian besar guru dan siswa kurang ideal dibandingkan pembelajaran tatap muka secara konvensional. Komunikasi terjalin kurang lancar menyebabkan materi menjadi sulit dipahami terutama mata pelajaran praktikum. Hasil belajar siswa dengan pembelajaran daring bervariasi, mulai dari kurang memuaskan, cukup hingga baik. kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran daring adalah : ketersediaan kuota internet, jaringan yang terkadang tidak stabil, dan alat penunjang (Handphone dan Laptop). Pembelajaran daring dinilai oleh sebagian informan efektif jika diterapkan pada masa pandemi covid-19 karena berkaitan dengan protokol kesehatan. Diperlukan model pembelajaran daring yang lebih variatif sebagai alternatif yang dapat digunakan dimasa mendatang agar pembelajaran tetap menarik sehingga tujuan dari pendidikan secara umum dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Elektronik, Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | Ikhwan Salim |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 06:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 06:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5836 |
Actions (login required)
View Item |