Analisis dan Optimalisasi Aliran Fluida pada Prototype Kendaraan Ganesha Surface Water dengan Menggunakan Software Solidworks

Sastrawan, Dewa Gede Oka (2021) Analisis dan Optimalisasi Aliran Fluida pada Prototype Kendaraan Ganesha Surface Water dengan Menggunakan Software Solidworks. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715071003- COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715071003-ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1715071003-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071003- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715071003-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aspek aerodinamika adalah aspek yang memperhitungkan gaya yang disebabkan oleh aliran fluida yang ditunjukan dengan nilai (Coeficient Of Drag) hal ini akan berpengaruh pada optimalisasi kinerja dan konsumsi energi yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memodifikasi desain standar Ganesha Surface Water sehingga diperoleh desain yang memiliki nilai Coeficient Of Drag minimum. Untuk mengetahui nilai Coeficient Of Drag diperlukannya sebuah simulasi analisis aliran fluida, salah satunya adalah menggunakan software Solidwork, software Solidworks dikenal dengan software yang memiliki kecepatan dan ketepatan dalam menganalisis. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian R2D2. Setelah dilakukannya proses simulasi analisis aliran fluida diketahui bahwa desain hasil modifikasi kendaraan Ganesha Surface Water memiliki nilai Coeficient Of Drag 0,038 (28%) lebih rendah dibandingkan dengan desain kendaraan standar, sedangkan pada desain hasil modifikasi cadik kendaraan Ganesha Surface Water memiliki nilai Coeficient Of Drag 0,139 (38%) lebih rendah dibandingkan dengan desain cadik standar. Melalui penilaian ahli, desain modifikasi Ganesha Surface Water telah mendapat persentase nilai 86% dengan kualifikasi layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aerodinamika. coeficient of drag. ganesha surface water. sofware solidworks.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Dewa Gede Oka Sastrawan
Date Deposited: 26 Feb 2021 14:27
Last Modified: 26 Feb 2021 14:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5941

Actions (login required)

View Item View Item