syabani, aan adji ahmad (2021) PENGARUH VARIASI DERAJAT LOBE SEPARATION ANGLE CAMSHAFT TERHADAP TORSI, DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR 4 LANGKAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615071027-COVER.pdf Download (885kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615071027-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1.PENDAHULUAN)
1615071027-BAB 1.PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2.KAJIAN TEORI)
1615071027-BAB 2.KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3.METODE PENELITIAN)
1615071027-BAB 3.METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4.HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071027-BAB 4.HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5.PENUTUP)
1615071027-BAB 5.PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615071027-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui pengaruh modifikasi derajat lobe separation angle pada camshaft terhadap daya mesin motor bensin 4 langkah, (2) Untuk mengetahui pengaruh modifikasi derajat lobe separation angle pada camshaft terhadap torsi mesin motor bensin 4 langkah, (3) Untuk mengetahui pengaruh modifikasi derajat lobe separation angle pada camshaft terhadap konsumsi bahan bakar motor bensin 4 langkah. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan print out hasil pengukuran dari alat uji daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Kemudian hasil dari pengukuran dilakukan analisis data menggunakan metode deskriptif. Data ini akan dimasukan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk grafik kemudian di analisis. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini (1) Torsi maksimum yang dihasilkan menggunakan LSA 108° adalah sebesar 8.14 Nm pada 6500 RPM, sedangkan menggunakan LSA 110° sebesar 8.59 Nm pada 5000 RPM, dan menggunakan LSA 112,5° sebesar 8.60 Nm pada 5500 RPM. (2) Daya maksimum yang dihasilkan menggunakan LSA 108° adalah sebesar 7.46 HP pada 7000 RPM, sedangkan menggunakan LSA 110° sebesar 6.94 HP pada 6500 RPM, dan menggunakan LSA 112,5° sebesar 7.55 HP pada 7000 RPM. (3) Konsumsi Bahan Bakar maksimum yang dihasilkan menggunakan LSA 108° adalah sebesar 0,802 kg/jam pada 7500 RPM, sedangkan menggunakan LSA 110° sebesar 0,835 kg/jam pada 7500 RPM, dan menggunakan LSA 112,5° sebesar 0.901 kg/jam 7500 RPM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lobe separation angle (LSA)1, Torsi2, Daya3, Konsumsi Bahan Bakar4 |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Aan Adji Ahmad Syabani |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 15:12 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 15:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5944 |
Actions (login required)
View Item |