Pradita, I Made Kenny Kusuma (2021) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING MATA PELAJARAN BAHASA BALI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN UNDIKSHA.
Text (COVER)
1511021014-COVER.pdf Download (367kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021014-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021014-BAB1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021014-BAB2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021014-BAB3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021014-BAB4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021014-BAB5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021014-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING MATA PELAJARAN BAHASA BALI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh I Made Kenny Kusuma Pradita, NIM 1511021014 Prodi Teknologi Pendidikan Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan rancang bangun proses pengembangan konten e-learning (2) mendeskripsikan validitas hasil pengembangan konten e-learning (3) mengetahui efektiviras e-learning menggunakan google classroom yang dikembangkan terhadap hasil belajar Bahasa Bali. Subjek penelitian 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 38 siswa untuk uji coba (3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil, 26 siswa untuk uji coba lapangan). Metode pengumpulan data yaitu pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Pengembangan konten e-learning di era revolusi industri 4.0 dengan model R&D meliputi 10 tahapan (a) Penelitian dan pengumpulan data (research dan information collecting), (b) Perencanaan (planning), (c) Pengembangan produk awal (develop preliminary form of product), (d) Uji coba lapangan (preliminary field testing), (e) Merevisi hasil uji coba (main product revision), (f) Uji coba lapangan utama (main field testing), (g) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision), (h) Uji coba pelaksanaan (operasional field testing), (i) Penyempurnaan produk Akhir (final product revision), (j) Diseminasi dan implementasi (Dissemination and implementasion). (2) konten e-learning di era revolusi industri 4.0 dengan model R&D valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukan konten e-learning berpredikat sangat baik (92%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat sangat baik (87%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat sangat baik (84%), (d) hasil uji coba perorangan konten e-learning berpredikat sangat baik (94,8%), hasil uji coba kelompok kecil konten e-learning berpredikat sangat baik (96,4%) dan hasil uji coba lapangan konten e-learning berpredikat sangat baik (90,56%) (3) konten e-learning yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Kata-kata kunci: efektivitas, e-learning, konten, pengembangan, validitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, e-learning, content, development, validity |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Made Kenny Kusuma Pradita |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 07:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 07:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5947 |
Actions (login required)
View Item |