AN ANALYSIS OF THE GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT COMMITTED BY GRADE ELEVEN OF STUDENTS AT SMA NEGERI 1 SUSUT

Lewis, I Made Widiarta (2019) AN ANALYSIS OF THE GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT COMMITTED BY GRADE ELEVEN OF STUDENTS AT SMA NEGERI 1 SUSUT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021251- COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021251- ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021251-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021251-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021251-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021251- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021251-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021251- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021251-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eror tata bahasa didalam menulis teks recount dilakukan oleh 32 siswa kelas sebelas MIPA 4 di SMA Negeri 1 Susut. Penelitian ini menggunakan teory Murrow(2004) tentang jenis-jenis eror tata bahasa, dan teory Brown(2000) tentang penyebab-penyebab terjadinya eror. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab dua pertanyaan. Pertanyaan penelitian yang pertama adalah "apa saja jenis-jenis error dalam tata bahasa di dalam penulisan teks recount dilakukan oleh siswa kelas sebelas di SMA Negeri 1 Susut? Pertanyaan kedua adalah apa saja faktor-faktor terjadinya error dalam tata bahasa di dalam penulisan teks recount dilakukan oleh siswa kelas sebelas di SMA Negeri 1 Susut? Di dalam penelitian ini ditemukan 11,19% eror pada penghilangan kata kerja. Di dalam analisis tentang eror tense terdapat 60,84%. Persentase dari error invinitif adalah 1,40%. Persentase dari error gerund adalah 2,10%. Persentase dari eror kata benda jamak adalah 2,80% dan 2,10% eror ditemukan di dalam kata benda tunggal. Persentase dari eror penggunaan kata hubung adalah 4,90%. Persentase dari eror penggunaan kata ganti adalah 2,10%. Dan yang terahir merupakan persentase daribagian-bagian mendasar dari kalimat bahasa inggris adalah 0,68%. Di dalam analisis Sebab-sebab eror yang dilakukan oleh siswa-siswa adalah: interlingual transfer dengan persentase 32,05%. Intralingual transfer dengan persentase 29,92. Konteks belajar dengan persentase 12,82. Dan yang terakhir merupakan strategi komunikasidengan persentase 28,21. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mengajar dan belajar bahasa Inggris. Kata kunci: tata bahasa, eror, tulisan, teks recount.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata bahasa, eror, tulisan, teks recount.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: I Made Widiarta Lewis
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:09
Last Modified: 24 Oct 2019 04:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item