Pratiwi, Putu Ayu Rossy (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA PADA MUATAN MATERI KENAMPAKAN ALAM SERTA FLORA DAN FAUNA INDONESIA KELAS V DI SDN 5 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031048-COVER.pdf Download (647kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031048-ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (898kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031048-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun dari produk multimedia interaktif ceria dengan muatan materi kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna Indonesia, (2) mengetahui hasil validasi multimedia interaktif ceria menurut hasil review para ahli, uji coba. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (a) hasil penilaian dari ahli isi materi pelajaran memperoleh hasil persentase 92,50 dengan kategori sangat baik, (b) hasil penilaian dari ahli desain instruksional memperoleh hasil persentase 92,31 dengan kategori sangat baik, (c) hasil penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 92,64 dengan kategori sangat baik. (d) hasil penilaian produk dari uji perorangan memperoleh 94,20 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli serta uji perorangan, maka dapat diputuskan bahwa multimedia interaktif ceria untuk muatan materi kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna Indonesia layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas 5 SDN 5 Pedungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif ceria, IPS, ADDIE |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Rossy Pratiwi |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 04:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 04:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
View Item |