PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN

Wiryani, Desak Gede Twelva (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041059-COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041059-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041059-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar berbasis Discovery Learning pada tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D.Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan guru digugus V Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan serta siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai buku ajar yang dikembangkan dari segi isi materi maupun tampilan buku ajar. Data dianalisis secara deskripsip kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu uji valididtas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian ini dilihat dari kevalidan adalah sangat layak dengan nilai rata-rata 4,25, dilihat dari kepraktisan adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata guru 89 dan nilai rata-rata siswa 82,75 dan dilihat dari efektifitas maka berada pada tingkat efektifitas sedang dengan nilai rata-rata 0,60.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, tematik, discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Desak Gede Twelva Wiryani
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:04
Last Modified: 03 Mar 2021 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item