Pengembangan Tes Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Siswa KelasIV SD Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan

Muliani, Ni Ketut Dewi (2021) Pengembangan Tes Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Siswa KelasIV SD Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041062-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041062-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041062-LAMPIRAN.pdf

Download (957kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan tes penilaian untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tes penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD yang valid dan reliabel serta untuk mengetahui karakteristik tes penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang dibatasi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu tahap define, design, dan develop. Tahap disseminate tidak dilaksanakan karena pandemic Covid-19. Tes penilaian yang dikembangkan berbentuk soal uraian yang kemudian divalidasi oleh tim ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek materi, konstruksi, dan bahasa, tes dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Validitas isi dengan analisis CVR memperoleh nilai CVR = 1,00 sehingga 20 butir soal dinyatakan valid. Selanjutnya tes diujicobakan pada siswa sebanyak 50 orang. Hasil uji coba selanjutnya dianalisis untuk mengetahui validitas butir dan reliabilitas tes. Hasil validitas butir dengan rumus korelasi product moment memperoleh semua butir soal memiliki rhitung > rtabel dengan rtabel sebesar 0,28 sehingga semua butir soal dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas tes diperoleh nilai r1.1 sebesar 0,93 berada pada kategori derajat reliabilitas sangat tinggi. Jadi tes penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan valid dan reliabel untuk dapat digunakan dalam mengukur keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tes penilaian, keterampilan proses sains, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Ketut Dewi Muliani
Date Deposited: 03 Mar 2021 13:53
Last Modified: 03 Mar 2021 13:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item