Septianti, Noni Dita (2021) META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1629051050-COVER.pdf Download (676kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629051050-ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1629051050-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1629051050-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1629051050-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051050-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1629051050-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629051050-LAMPIRAN.pdf Download (376kB) |
Abstract
ABSTRAK Septianti, Noni Dita. 2021. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Pascasarjana Undiksha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Phil. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Gede Suweken, M. Sc. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Pemecahan Masalah, Meta Analisis, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah pembelajaran pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari aspek: (1) hasil belajar matematika secara keseluruhan; (2) jenjang pendidikan subyek; (3) jenis tes yang digunakan; (4) jenis penelitian yang dipakai peneliti; (5) pemecahan masalah menurut ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis terhadap artikel penelitian dengan mengambil 16 buah artikel hasil penelitian dalam artikel internasional dan artikel nasional. Kesimpulan hasil penelitian bahwa: (1) Secara keseluruhan pembelajaran pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,261 kali standar deviasi. (2) Terdapat perlakuan pembelajaran pemecahan masalah dari segi jenjang pendidikan subyek penelitian dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan perolehan hasil belajar siswa sebesar 0,25 kali. Ternyata jenjang pendidikan Sekolah Dasar memberikan besar pengaruh pembelajaran pemecahan masalah tergolong tinggi dibandingkan dengan jenjang pendidikan SMP, SMA, Mahasiswa, dan pendidik guru. (3) Terdapat perlakuan pembelajaran pemecahan masalah dari segi tes yang digunakan dalam penelitian sebesar 0,11 kali. Ternyata jenis tes berbentuk subjektif (essay) menempati posisi tertinggi memberikan rata-rata besar pengaruh dibandingkan dengan jenis tes objektif, lisan, dan ebjektif dan subjektif (lisan). (4) Terdapat perlakuan pembelajaran pemecahan masalah berdasarkan jenis penelitian yang digunakan sebesar 0,24 kali. Ternyata jenis penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menempati posisi tertinggi memberikan rata-rata besar pengaruh dibandingkan dengan jenis penelitian eksperimen dan pengembangan. (5) Terdapat perlakuan pembelajaran pemecahan masalah dilihat dari model pembelajaran menurut ahli yaitu Polya, Krulik dan Rudnick yang digunakan sebesar 0,27 kali. Ternyata pembelajaran pemecahan masalah menurut Krulik dan Rudnick memberikan besar pengaruh pembelajaran pemecahan masalah tergolong tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah menurut Polya dan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Pemecahan Masalah, Meta Analisis, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Noni Dita Septianti |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 15:16 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 15:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
View Item |