PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 DENPASAR

Trisnayanti, Ni Putu Eka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051048-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051048-ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629051048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051048-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (3) untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada motivasi belajar siswa siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen mengikuti model blended learning berbasis moodle dan kelas kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan teknik tes pemahaman konsep dan angket motivasi belajar serta dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) pemahaman konsep siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning berbasis moodle lebih baik daripada motivasi belajar siswa siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Moodle, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Trisnayanti Ni Putu Eka
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:09
Last Modified: 24 Oct 2019 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item