Utami, Ni Putu Sri (2021) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori Belajar Ausubel Pada Materi KPK dan FPB Kelas IV SD No. 3 Gulingan Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031158-COVER.pdf Download (852kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031158-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031158-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031158-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031158-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031158-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031158-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031158-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031158-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kesulitan guru dalam mengembangkan media dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan bertujuan untuk merancang dan mengetahui kelayakan aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar Ausubel pada materi KPK dan FPB kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode non tes dengan instrument berupa lembar kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil uji validasi oleh ahli isi mata pelajaran sebesar 86,36% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,86% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar Ausubel pada materi KPK dan FPB kelas IV SD yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Aplikasi Pembelajaran, Matematika, KPK dan FPB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Utami |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 06:03 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 06:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6194 |
Actions (login required)
View Item |