Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Kerja Guru di SD Gugus VII Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021

Oktaviani, Ni Made Ita (2021) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Komitmen Kerja Guru di SD Gugus VII Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031055-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031055-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031055-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan emosional dan motivasi kerja merupakan faktor penyebab yang ikut mempengaruhi komitmen kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) besaran kontribusi kecerdasan emosional terhadap komitmen kerja, (2) besaran kontribusi motivasi kerja terhadap komitmen kerja dan (3) besaran kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan jumlah populasi 48 guru PNS. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap komitmen kerja dengan koefisien determinasi sebesar 27,24%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi terhadap komitmen kerja dengan koefisien determinasi sebesar 27,45% dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap komitmen kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi kerja memberikan kontribusi yang positif terhadap komitmen kerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Motivasi kerja, Komitmen kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Ita Oktaviani
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:34
Last Modified: 11 Jun 2021 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item