Putri, Putu Eka Widyantini (2021) INTEGRASI ETNOMATEMATIKA MERU BALI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011071-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011071-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011071-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) etnomatematika pada bangunan Meru Bali, (2) mengetahui bagaimana undagi mendapatkan pengetahuan tentang etnomatematika pada bangunan Meru Bali, serta (3) bagaimana model pengintegrasian etnomatematika pada bangunan Meru Bali dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah gabungan antara penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi dan kuantitatif dengan desain one-shot case study. Metode pengumpulan data pada kualitatif menggunakan studi literatur, observasi, serta wawancara, sedangkan metode pengumpulan data pada kuantitatif menggunakan observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah Undagi Bali dan guru serta siswa kelas XI A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa etnomatematika pada bangunan Meru Bali yaitu pada pengukuran dan perhitungan yang dipakai dalam pembuatan bangunan Meru Bali yang menerapkan konsep kesebangunan. Etnomatematika yang didapatkan dalam bangunan Meru Bali berupa pola, perhitungan, dan perbandingan. Pembelajaran dengan mengintegrasikan etnomatematika pada Meru Bali mendapat respon yang sangat positif dari guru maupun siswa. Hasil wawancara dan diperkuat dengan angket menunjukkan bahwa siswa lebih mudah menerima materi, memahami materi yang diajarkan, dan lebih termotivasi untuk mempelajari matematika dengan pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Meru Bali, Motivasi Belajar, Kesebangunan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | PUTU EKA WIDYANTINI PUTRI |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:35 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6246 |
Actions (login required)
View Item |