ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suarsi, Putu Dharma Komala (2021) ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031066-COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031066-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031066-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran selama pandemi COVID-19 di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Buleleng, (2) menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 186 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sample jenuh sehingga sampel yang digunakan dengan jumlah 186 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode nontes dengan instrumen berupa pedoman wawancara untuk mengetahui proses pembelajaran dan instrumen dalam bentuk angket skala likert motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif untuk analisis hasil wawancara dan kuantitatif untuk analisis angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil (1) proses pembelajaran di kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Buleleng selama pandemi COVID-19 dilaksanakan secara kombinasi antara daring dan luring, pembelajaran daring dan luring masih terdapat berbagai kendala. (2) Rata-rata skor motivasi belajar siswa yaitu 79,71 berada dalam kategori rendah. Sedangkan persentase tiap item motivasi belajar siswa yaitu sebanyak 11 item dalam kategori sedang, 14 item kategori tinggi, dan 1 item sangat tinggi, Item dalam kategori sedang menunjukkan item tersebut memproleh respon yang rendah, item pada kategori rendah menjadi evaluasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap proses pembelajaran dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pandemi COVID-19, proses pembelajaran, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Dharma Komala Suarsi
Date Deposited: 12 Jul 2021 00:56
Last Modified: 12 Jul 2021 00:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item