Adnyani, Komang Alit Darma (2021) Pengembangan Media Komik Digital Pada Topik Sumber Energi Alternatif Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031077_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031077_ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031077_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (603kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031077_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031077_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031077_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031077_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031077_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031077_LAMPIRAN.pdf Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital pada topik sumber energi alternatif siswa kelas IV SD. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan sebagai berikut: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah media komik digital pada topik sumber energi alternatif, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas media komik digital yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 4 orang dosen sebagai ahli media dan materi, 2 orang guru sebagai praktisi, dan 5 siswa kelas IV SD. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media komik digital adalah rating scale berupa lembar penilaian media komik digital dari ahli, praktisi, dan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase untuk mengetahui validitas media komik digital. Nilai rata-rata skor persentase dari ahli materi sebesar 96% ahli media sebesar 97%, praktisi sebesar 87%, dan siswa kelas IV SD sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut media komik digital yang dikembangkan pada topik sumber energi alternatif dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, sumber energi alternatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Alit Darma Adnyani |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:08 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6422 |
Actions (login required)
View Item |