Udayana, I Putu Denny Aditya (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INQUIRY LEARNING DALAM MUATAN MATERI SUMBER ENERGI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NO. 2 ABIANBASE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031117-Cover.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031117-Abstrak.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031117-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031117-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031117-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031117-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031117-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031117-Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031117-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning mata pelajaran IPA muatan materi sumber energi,(2) Menguji kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning mata pelajaran IPA muatan materi sumber energi menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning mata pelajaran IPA muatan materi sumber energi menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: (a) tahap analisis (analyze), (b) tahap desain (design), (c) tahap mengembangkan (development), (d) tahap pengembangan (implementation), (e) tahap evaluasi (evaluation). (2) Media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning mata pelajaran IPA muatan materi sumber energi dikatakan valid dengan: review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning sangat baik dengan persentase (94,23%), review ahli desain pembelajaran media pembelajaran video animasi inquiry learning termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (80,55%), review ahli media pembelajaran media pembelajaran video animasi berbasis inquiry learning termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (83,33%) dan hasil uji perorangan media pembelajaran video animasi inquiry learning masuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase (94,44%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Inquiry Learning dan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I PUTU DENNY ADITYA UDAYANA |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:53 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6455 |
Actions (login required)
View Item |