Apriliawan, Putu Andre (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031272-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031272-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031272-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031272-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan proses produk video pembelajaran berhitung untuk siswa sekolah dasar dan untuk mengembangkan video pembelajaran berhitung untuk siswa sekolah dasar yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, tenaga, dan sumber daya, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran berhitung, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas video pembelajaran berhitung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas video pembelajaran berhitung, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan dua orang guru atau praktisi sebagai ahli. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas video pembelajaran berhitung. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran berhitung yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata validasi video pembelajaran berhitung secara keseluruhan untuk video pembelajaran adalah 4,78 dan skor rata-rata validasi materi adalah 4,87. Kata Kunci: pengembangan, video pembelajaran, berhitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video pembelajaran, berhitung. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU ANDRE APRILIAWAN |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6471 |
Actions (login required)
View Item |