Dwariani, Made tia (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN MAMALIA LAUT BERBASIS VIRTUAL REALITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANJAR. Undergraduate thesis, Unversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051093_Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051093-ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051093-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051093-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN MAMALIA LAUT BERBASIS VIRTUAL REALITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANJAR Oleh Made Tia Dwariani, NIM 1515051030 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha E-mail : TIA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi antara anak yang belajar menggunakan media Virtual Reality dan anak yang belajar menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak) di TK Negeri Banjar, (2) respon anak setelah menggunakan media Virtual Reality pada tema binatang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh anak kelompok B yang berada di TK Negeri Banjar. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelompok B1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah sampel 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data prestasi belajar dianalisis melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata siswa pada tema pengenalan binatang mamalia laut anak yang menggunakan Media Virtual Reality dengan tanpa menggunakan media Virtual Reality pada anak kelompok B di TK Negeri Banjar. Hasil analisis uji-t memperolej thitung 3,968 yang lebih besar dari ttabel 2,359. Berdasarkan kriteria pengujian ini berarti H0 ditolak, (2) respon anak terhadap media Pengenalan hewan mamalia laut didapat persentase hasil angket respon siswa adalah 82,5% yang tergolong dalam kategori sangat efektif. Kata kunci : Virtual Reality, Model Klasikal, Prestasi Belajar, Respon Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Prestasi Belajar, Respon Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Made Tia Dwariani |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 06:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/648 |
Actions (login required)
View Item |