Desyawati, Kadek (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NO.2 TIBUBENENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031173-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031173-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031173-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031173-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031173-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (596kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031173-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kesulitan guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang membuat peserta didik belajar secara aktif dan mampu memecahkan permasalahan dalam kehidupa sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses rancang bangun dari produk media permainan monopoli berbasis model problem based learning pada pembelajaran tematik dan (2) mengetahui hasil validasi monopoli tematik pbl menurut hasil review para ahli, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu Hannafin and Peck. Penelitian ini terbatas sampai tahap pengembangan, dikarenakan kondisi pandemic Covid – 19 yang tidak memungkinkan melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni kuisioner / angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.dalam pengembangan media monopoli tematik pbl ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi muatan pembelajaran sebesar 91% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik, uji pengguna melalui uji perorangan sebesar 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji pengguna melalui uji kelompok kecil pada 12 orang siswa sebesar 94,7 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran) dan hasil uji subjek pengguna (siswa) disimpulkan bahwa media monopoli tematik berbasis pendekatan problem based learning ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tematik pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia sub tema 1 pembelajaran 3 di kelas V SD No.2 Tibubeneng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Monopoli, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Desyawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 01:21 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6513 |
Actions (login required)
View Item |