PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 SUKASADA ( Implementasi Berdasarkan Permendikbud No. 20 / Tahun 2018 )

Cahyantika, I Made Brahma (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 SUKASADA ( Implementasi Berdasarkan Permendikbud No. 20 / Tahun 2018 ). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714041014-COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714041014-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714041014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) strategi pembentukan karakter peserta didik di kelas XII SMAN 1 Sukasada, (2) faktor yang mendukung membentuk karakter peserta didik di kelas XII SMAN 1 Sukasada. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa, staf pegawai SMAN 1 Sukasada dan objek penelitian ini adalah pendidikan karakter di SMAN 1 Sukasada. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) strategi untuk membentuk karakter peserta didik dengan mengedepankan perilaku yang baik seperti tidak datang terlambat ke kelas, perhatian kepada siswa, menunjukkan sikap religius, sikap jujur, melatih kegiatan spontan dan rutin, (2) faktor yang mendukung pelaksanaan dari strategi yang diterapkan guru adalah faktor kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional guru. Di samping kompetensi, faktor kreativitas dan inisiatif guru juga menjadi faktor pendukung. Dapat disimpulkan bahwa strategi pendidikan karakter ditanamkan lewat pemberitahuan contoh yang baik. Faktor pendukung pendidikan karakter di SMAN 1 Sukasada adalah dengan penguatan kompetensi dan kreativitas serta inisiatif guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Implementasi, Permendikbud No.20/Tahun 2018.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: I MADE BRAHMA CAHYANTIKA
Date Deposited: 13 Jul 2021 22:17
Last Modified: 13 Jul 2021 22:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item