Krishnadana, Dewa Gede (2021) DEVELOPING LEARNING VIDEO USING PROJECT BASED LEARNING FOR TEACHING 5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AT BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Univeritas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021137-COVER.pdf Download (25MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021137-ABSTRAK.pdf Download (702kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021137-BAB 1.pdf Download (800kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021137-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021137-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021137-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021137-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021137-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (855kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021137-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran video yang berbasis pada model pembelajaran saintifik yaitu Project-based learning yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran Bahasa inggris pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Video pembelajaran ini dibuat dengan mengkombinasikan berbagai media seperti text, gambar dan animasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di kabupaten buleleng. Penelitian ini menggunakan metode design and development (DnD) dari Richey & Klein (2007). Tahap penelitian meliputi (1) analisis, (2) design, (3) pengembangan, (4) evaluasi. Dalam mengumpulkan data, beberapa instrument digunakan seperti pedoman wawancara, analisis dokumen, blueprint, rubrik penilaian untuk para ahli dan guru, serta kuesioner. Hasil dari penelitian ini berupa prototype video yang berdasarkan pada model pembelajaran Project-based learning. Ada dua topik yang dikembangkan menjadi dua video berbeda. Topik video pertama adalah family (keluarga) dan topik video kedua adalah animal (binatang). Video yang dikembangkan telah dianalisis berdasarkan data dari ahli Pendidikan, guru, dan siswa untuk menentukan kualitas dari video. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah rubrik penilaian ahli Pendidikan, rubrik penilaian guru, dan kuisioner siswa. Hasil analisis kedua video menunjukkan bahwa rating yang didapatkan dari kedua video tersebut sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru maupun siswa kelas 5 sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video, Siswa, Project based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Dewa Gede Krishnadana |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 04:12 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 04:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6568 |
Actions (login required)
View Item |