AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PERCEPTIONS IN USING UNDIKSHA MOODLE E-LEARNING PLATFORM IN LEARNING PROCESS OF PEDAGOGICAL COURSES

Septyani, Ni Luh Putu Viranicka (2021) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PERCEPTIONS IN USING UNDIKSHA MOODLE E-LEARNING PLATFORM IN LEARNING PROCESS OF PEDAGOGICAL COURSES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021013-COVER.pdf

Download (913kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021013-ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021013-LAMPIRAN.pdf

Download (952kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris pada penggunaan Undiksha Moodle E-learning dalam proses pembelajaran mata kuliah Pedagogi dengan melihat dari 5 dimensi dan juga menginvestigasi beberapa tantangan yang dihadapi mahasiswa selama menggunakan Undiksha Moodle E-learning. Kelima dimensi yang dimaksud adalah keefektifan, kegunaan, kekuatan, kelemahan dan dukungan institusi yang didasari dari beberapa penelitian sebelumnya dengan topik yang serupa. Penelitian ini menggunakan studi kasus metode campuran namun lebih dominan menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan bahasa Inggris dari kelas mata kuliah Pedagogi yang belajar dengan menggunakan Undiksha Moodle E-Learning. Peneliti menggunakan kuisioner dan wawancara semi terstruktur sebagai instrumen. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penggunaan Undiksha Moodle E-learning sudah bagus dalam proses pembelajaran dari mata kuliah Pedagogi. Mahasiswa mempunyai persepsi yang sangat kuat pada dua dimensi yaitu keefektifan dan kegunaan. Selanjutnya, mahasiswa mempunyai persepsi yang kuat pada tiga dimensi yaitu kekuatan, kelemahan dan dukungan institusi. Selain itu, beberapa tantangan yang dihadapi mahasiswa selama mengoperasikan Undiksha moodle E-learning yaitu dapat dikategorikan menjadi internal dan eksternal. Tantangan internal seperti ketidakadaan beberapa fitur seperti fitur auto refresh, fitur video konferensi, fitur catatan suara, dan terjadinya kerusakan server. Selain itu, tantangan eksternal yaitu ketimpangan kualitas koneksi internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Undiksha Moodle E-learning, Pembelajaran Pedagogi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Viranicka Septyani
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:52
Last Modified: 16 Jul 2021 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item