Sapitri, Nyoman Weda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN POWTOON PADA MATERI PELUANG SUATU KEJADIAN SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011086-COVER.pdf Download (368kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011086-ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011086-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011086-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN POWTOON PADA MATERI PELUANG SUATU KEJADIAN SISWA SMP KELAS VIII oleh: Nyoman Weda Sapitri, NIM 1713011086 Jurusan Matematika ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran video animasi berbantuan powtoon merupakan salah satu penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype media animasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi peluangsuatu kejadian siswa SMP kelas VIII. Desain bangun media animasi dibangun melalui penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tiga dari 5 tahap pengembangan model ADDIE digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahap analisis, desain dan pengembangan, serta implementasi terbatas. Tahap evaluasi hanya dilakukan secara formatif mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan angket yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, dan data pemahaman konsep peluang dikumpulkan dengan mengukur pemahaman dengan melalui tes yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan. Evaluasi materi dilakukan oleh guru dan dosen matematika, evaluasi desain oleh dosen teknologi pendidikan, dan evaluasi terbatas oleh beberapa guru dan siswa SMP sebagai responden dalam implementasi terbatas. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berupa desain bangun media pembelajaran video animasi dengan penyajian berbentuk video animasi sehingga mengakomodasi semua karakter belajar dari peserta didik seperti siswa belajar dengan media yang menarik. Hasil evaluasi media menunjukkan bahwa media animasi yang dikembangkan mempunyai kelayakan materi yang tergolong sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 4,55 (skor maksimal 5,00); mempunyai kelayakan media yang tergolong sagat layak dengan skor rata-rata 4,25 (skor maksimal 5,00) yang tergolong sangat layak; efisiensi media tergolong sangat tinggi dengan rata-rata skor masing-masing 4,41(skor maksimal 5,00) berdasarkan respon siswa dan 4,73 (skor maksimal 5,00) berdasarkan respon guru;dan persentase pemahaman konsep peluang siswa sebesar 59% baik, 29% cukup, dan 12% kurang. Kata kunci: ADDIE, powtoon, media pembelajaran, usability, peluang sutau kejadian, animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, powtoon, media pembelajaran, usability, peluang sutau kejadian, animasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Weda Sapitri |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 17:15 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 17:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6629 |
Actions (login required)
View Item |