Werdi, Komang Diah Kusuma (2021) The Implementation Of Reinforcement In Teaching English In Pandemic Situation. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021066-COVER.pdf Download (914kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021066-ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712021066-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021066-LAMPIRAN.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis penguatan (reinforcement) dan menginvestigasi proses implementasi penguatan (reinforcement) yang digunakan saat proses pembelajaran online di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Dan juga penelitian ini menggunakan satu orang guru Bahasa Inggris sebagai subjek penelitian karena guru tersebut mengajar kelas 7 sebanyak tiga kelas. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, interview, dan kuisioner. Penelitian ini dilakukan secara online karena adanya pandemic COVID-19. Melalui data yang diperoleh, penelitian ini menemukan hasil jenis penguatan (reinforcement) dan implementasinya yang digunakan oleh guru saat pembelajaran online. Ada empat jenis penguatan (reinforcement) yang digunakan guru, yakni (1) positive verbal reinforcement dalam bentuk pujian (praises) dan penguatan parsial (partial reinforcement), (2) positive non-verbal reinforcement dalam bentuk gesture, (3) negative verbal reinforcement dalam bentuk pernyataan yang dapat ditegakkan (enforceable statement), pertanyaan (questions), memanggil nama siswa (calling out the students’ names), dan (4) negative non-verbal reinforcement dalam bentuk ekspresi wajah (facial expression) dan mencatat/merekam tingkah laku siswa yang salah (record the students’ misbehavior). Guru menerapkan penguatan dengan mengikuti lima prinsip, antara lain memberikan prinsip penguatan yang hangat dan antusias, memberikan penguatan verbal positif yang bermakna, menghindari respon negatif, memberikan penguatan kepada individu dan kelompok siswa, dan memberikan variasi penguatan. Kata kunci: implementasi keterampilan penguatan, mengajar bahasa inggris, pandemi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi keterampilan penguatan, mengajar bahasa inggris, pandemi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Diah Kusuma Werdi |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 02:22 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 02:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6751 |
Actions (login required)
View Item |