LEXICO-GRAMMATICAL ERROR ANALYSIS OF THE TENTH GRADE STUDENTS’ DESCRIPTIVE TEXTS AT SMK TEKNOLOGI NASIONAL DENPASAR

Manik, Ni Putu Ines Marylena Candra (2021) LEXICO-GRAMMATICAL ERROR ANALYSIS OF THE TENTH GRADE STUDENTS’ DESCRIPTIVE TEXTS AT SMK TEKNOLOGI NASIONAL DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081011-COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081011-ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITAN)
1929081011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081011-LAMPIRAN.pdf

Download (695kB)

Abstract

Manik, Ni Putu Ines Marylena Candra (2021), Analisis kesalahan Lexico-grammatical teks deskriptif siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Denpasar. Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah dibimbing dan disetujui oleh dosen pembimbing I: Drs. I Wayan Suarnajaya, M.A., Ph.D. dan Pembimbing II: Dr. Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum. Kata kunci: kesalahan lexico-grammatical, siswa kelas sepuluh, menulis teks deskriptif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan sumber kesalahan tata bahasa dalam penulisan deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Denpasar. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis deskriptif kepada siswa. Jenis kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh siswa kelas sepuluh dianalisis dengan menggunakan teori analisis kesalahan yang dianjurkan oleh James (1998: 145) dan Dulay et al. (1982) dan sumber kesalahan dianalisis berdasarkan ( 1986) dan teori Brown (2007). Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemukan dalam tulisan siswa adalah kesepakatan subject-verb agreement, distortion (overinclusion, omission, misselection, misordering), misformation, verb tense, singular-plural form, articles, passive voice, formal misselection, dan adjective. Sedangkan sumber kesalahan yang ditemukan adalah interlingual transfer, intralingual transfer, dan context of learning. Berdasarkan hasil analisis, jenis kesalahan lexico-grammatical yang paling sering terjadi adalah kesalahan subject-verb agreement dengan 51 kesalahan (18,1%), sedangkan yang terendah adalah adjective dengan 10 kesalahan (3,5%). Selanjutnya sumber kesalahan yang paling umum adalah interlingual transfer dengan 175 kesalahan (59,9%), sedangkan context of learning merupakan sumber kesalahan terendah dengan 27 kesalahan (9,2%). Temuan ini jelas menunjukkan bahwa siswa kelas sepuluh SMK Teknologi Nasional Denpasar banyak melakukan kesalahan dalam menulis teks deskriptif. Dengan mengetahui kesalahan guru dapat melakukan pengajaran remedial dan siswa juga dapat lebih sadar dan melakukan lebih banyak latihan untuk menghindari kesalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesalahan lexico-grammatical, siswa kelas sepuluh, menulis teks deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Putu Ines Marylena Candra Manik
Date Deposited: 21 Jul 2021 01:53
Last Modified: 21 Jul 2021 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item