PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAMIFIKASI INTERAKTIF KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA

Pradnyana, I Ketut Andika (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAMIFIKASI INTERAKTIF KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929071003-COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929071003-ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1929071003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (642kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929071003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929071003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929071003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1929071003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929071003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional merupakan salah satu faktor kurang optimalnya berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Hal ini mendorong perlunya pengembangan khususnya media pembelajaran interaktif komputer dan jaringan dasar berbasis kolaboratif dengan konsep gamifikasi. Pengembangan multimedia gamifikasi interaktif kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Nusa Penida menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model MDLC yaitu 1. Concept; 2. Design; 3. Material Collecting; 4. Assembly; 5. Testing; 6. Distribution. Penelitian pengembangan ini melalui tahap pengujian betha testing yaitu pengujian oleh ahli dan alpha testing oleh pengguna yaitu siswa dan guru untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Komputer dan jaringan dasar. Hasil penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Alpha testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 93,33%, uji kelompok kecil sebesar 92,44%, dan uji lapangan sebesar 85,83%. Keberhasilan penelitian pengembangan ini ditunjukkan dengan hasil pretest sebesar 52.5 dan posttest sebesar 76,019. Oleh karena mean posttest yang lebih besar secara signifikan dibandingkan dengan nilai mean pretest, maka media gamifikasi kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji N Gain diperoleh hasil sebesar 0.495 dengan kategori sedang sehingga perlu adanya uji kriteria keberhasilan berdasarkan PAP dilihat dari perbandingan rerata posttest sebesar 76,019 berkualifikasi "Baik” dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa media gamifikasi interaktif kolaboratif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komputer dan jaringan dasar, Media pembelajaran Interaktif, MDLC, Gamifikasi, Kolaboratif
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I KETUT ANDIKA PRADNYANA
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:05
Last Modified: 22 Jul 2021 04:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item