Pradnyana, I Ketut Andika (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAMIFIKASI INTERAKTIF KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929071003-COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929071003-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1929071003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (642kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929071003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929071003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929071003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1929071003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929071003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional merupakan salah satu faktor kurang optimalnya berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Hal ini mendorong perlunya pengembangan khususnya media pembelajaran interaktif komputer dan jaringan dasar berbasis kolaboratif dengan konsep gamifikasi. Pengembangan multimedia gamifikasi interaktif kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Nusa Penida menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model MDLC yaitu 1. Concept; 2. Design; 3. Material Collecting; 4. Assembly; 5. Testing; 6. Distribution. Penelitian pengembangan ini melalui tahap pengujian betha testing yaitu pengujian oleh ahli dan alpha testing oleh pengguna yaitu siswa dan guru untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Komputer dan jaringan dasar. Hasil penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Alpha testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 93,33%, uji kelompok kecil sebesar 92,44%, dan uji lapangan sebesar 85,83%. Keberhasilan penelitian pengembangan ini ditunjukkan dengan hasil pretest sebesar 52.5 dan posttest sebesar 76,019. Oleh karena mean posttest yang lebih besar secara signifikan dibandingkan dengan nilai mean pretest, maka media gamifikasi kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji N Gain diperoleh hasil sebesar 0.495 dengan kategori sedang sehingga perlu adanya uji kriteria keberhasilan berdasarkan PAP dilihat dari perbandingan rerata posttest sebesar 76,019 berkualifikasi "Baik” dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa media gamifikasi interaktif kolaboratif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komputer dan jaringan dasar, Media pembelajaran Interaktif, MDLC, Gamifikasi, Kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I KETUT ANDIKA PRADNYANA |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 04:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6783 |
Actions (login required)
View Item |