The Perception of Students and Teacher in SMPN 4 Denpasar Towards The Implementation of Online Formative Assessment in English Learning

Kristiyanti, Komang Lisna (2021) The Perception of Students and Teacher in SMPN 4 Denpasar Towards The Implementation of Online Formative Assessment in English Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021167-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021167-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021167-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021167-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021167-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi para siswa dan guru terhadap pengimplementasian asesmen formatif yang dilaksanakan secara daring. Jenis penelitian ini menggunakan design penelitian campuran khususnya pada jenis explanatory sequential design, dengan metode pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan menggunakan panduan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan dua teknik, yakni analisis statistik deskriptif dan analisis model interaktif. Sebanyak 215 siswa dan seorang guru Bahasa Inggris di SMPN 4 Denpasar berpartisipasi sebagai sample dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis kuesioner, para siswa dan guru menyatakan persepsi positif terhadap pengimplementasian asesmen formatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara daring. Selain itu, melalui sesi wawancara, sebagian besar siswa dan guru berpendapat bahwa pelaksanaan penilaian formatif secara daring telah berjalan dengan sangat baik karena media yang digunakan cukup mudah dan sederhana. Selain itu, beberapa siswa dan guru juga menunjukkan bahwa beberapa hal terkait pelaksanaan penilaian formatif secara kurang efektif seperti beberapa kendala yang mempengaruhi kualitas penilaian formatif secara daring, seperti masalah umpan balik, serta beberapa keterampilan yang tidak dapat dinilai dalam pembelajaran jarak jauh. Kesimpulannya, karena sebagian besar siswa dan guru mempersepsikan penilaian formatif online secara positif, itu berarti mereka menerima penilaian semacam ini dan mereka merasa bahwa penilaian formatif secara daring telah menciptakan lingkungan belajar yang positif. Namun karena beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru, penilaian formatif secara daring ini juga membutuhkan banyak perbaikan untuk menciptakan penilaian formatif secara daring yang lebih baik dan efektif. Oleh karena itu, guru harus meningkatkan kompetensi pribadinya selama menerapkan penilaian formatif secara daring untuk mengatasi kendala yang dihadapi selama penilaian formatif secara daring dalam pembelajaran bahasa Inggris, seperti misalnya memberikan umpan balik yang tepat, dan memvariasikan kegiatan pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran secara daring yang nyaman. Sementara itu, siswa juga perlu meningkatkan kemampuannya dalam belajar dengan mengikuti penilaian formatif online secara serius dan mereka harus menyampaikan masalah mereka selama pembelajaran termasuk sesi penilaian sehingga guru dapat memberikan solusi bagi siswa untuk mengatasi masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Asesmen Formatif Dalam Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: KOMANG LISNA KRISTIYANTI
Date Deposited: 21 Jul 2021 14:01
Last Modified: 21 Jul 2021 14:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6833

Actions (login required)

View Item View Item