HALIM, MAHMUD ABDUL (2021) PENGEMBANGAN SELF-ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD MONTESSORI BALI. Masters thesis, INIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1629021014-COVER.pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629021014-ABSTRAK.pdf.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 2 KAJUAN TEORI)
1629021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1629021014-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (350kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629021014-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Halim, Mahmud A. (2020). Pengembangan Self-assessment pada Mata Pelajaran Matematika di SD Montessori Bali, Tesis Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Tesis ini Sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Ni Made Sri Mertasari, Mpd. Dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi, Self-assessment, Montessori, Pengembangan, Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengembangkan self-assessment pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar Montessori School Bali, Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali. Uji coba produk untuk mengetahui kualitas self-assessment yang di kembangkan dilakukan terhadap siswa kelas 5 di sekolah Montessori Bali. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan rancangan 4-D (Define, Design, Develop, Disiminate). Pada penelitian ini Desiminate tidak dilakukan. Pengembangans self-assessment didasarkan pada tiga kategori penilaian, yakni: kemampuan belajar, kemampuan berpikir logis dan matematis, serta kemampuan berproses berpikir. Self-assessment dalam penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk kuisioner yang bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap tiga kategori penilaian diatas. Dari hasil telaah ahli/pakar diperoleh rata-rata nilai CVR sebesar 0.87 artinya butir pernyataan dalam self-assessment memiliki relevansi yang tinggi. Dari hasil pengembangan self-assessment ini, dapat memberikan dampak positif terhadap siswa dalam hal proses berpikir reflektif, kreatif dan kritis. Hasil pengembangan self-assessment memberikan kemudahan kepada siswa untuk mampu menilai kemampuan diri secara objektif dan positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Self-assessment, Montessori, Pengembangan, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Mahmud Abdul Halim |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 05:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 05:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6916 |
Actions (login required)
View Item |