PENGEMBANGAN SELF-ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD MONTESSORI BALI

HALIM, MAHMUD ABDUL (2021) PENGEMBANGAN SELF-ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD MONTESSORI BALI. Masters thesis, INIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1629021014-COVER.pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629021014-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2 KAJUAN TEORI)
1629021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629021014-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (350kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629021014-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Halim, Mahmud A. (2020). Pengembangan Self-assessment pada Mata Pelajaran Matematika di SD Montessori Bali, Tesis Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Tesis ini Sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Ni Made Sri Mertasari, Mpd. Dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi, Self-assessment, Montessori, Pengembangan, Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengembangkan self-assessment pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar Montessori School Bali, Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali. Uji coba produk untuk mengetahui kualitas self-assessment yang di kembangkan dilakukan terhadap siswa kelas 5 di sekolah Montessori Bali. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan rancangan 4-D (Define, Design, Develop, Disiminate). Pada penelitian ini Desiminate tidak dilakukan. Pengembangans self-assessment didasarkan pada tiga kategori penilaian, yakni: kemampuan belajar, kemampuan berpikir logis dan matematis, serta kemampuan berproses berpikir. Self-assessment dalam penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk kuisioner yang bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap tiga kategori penilaian diatas. Dari hasil telaah ahli/pakar diperoleh rata-rata nilai CVR sebesar 0.87 artinya butir pernyataan dalam self-assessment memiliki relevansi yang tinggi. Dari hasil pengembangan self-assessment ini, dapat memberikan dampak positif terhadap siswa dalam hal proses berpikir reflektif, kreatif dan kritis. Hasil pengembangan self-assessment memberikan kemudahan kepada siswa untuk mampu menilai kemampuan diri secara objektif dan positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Self-assessment, Montessori, Pengembangan,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Mahmud Abdul Halim
Date Deposited: 22 Jul 2021 05:51
Last Modified: 22 Jul 2021 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6916

Actions (login required)

View Item View Item