ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DILIHAT DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Sulistyawati, Putu Winda (2021) ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DILIHAT DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011032-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011032-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011032-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan berdasarkan kategori kesalahan Newman dilihat dari gaya kognitif dan mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan konsep matematika siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas VII SMP Negeri 1 Ubud tahun ajaran 2020/2021 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), tes pemahaman konsep yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek penelitian diambil 20% dari 40 siswa, masing-masing 4 siswa dari kelompok gaya kognitif impulsif dan 4 siswa dari kelompok gaya kognitif reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada gaya kognitif impulsif subjek melakukan kesalahan memahami masalah sebesar 26,6%, kesalahan transformasi sebesar 34,9%, kesalahan keterampilan proses sebesar 36,5%, kesalahan penulisan kesimpulan sebesar 48,2%. Sedangkan pada gaya kognitif reflektif melakukan kesalahan memahami masalah sebesar 19,8%, kesalahan transformasi sebesar 23,1%, kesalahan keterampilan proses sebesar 26,4%, kesalahan penulisan kesimpulan sebesar 32%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu tidak teliti dan tidak mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak dapat menentukan rumus yang seharusnya digunakan, tidak dapat merancang penyelesaian, kurang terampil dan tidak teliti dalam melakukan operasi hitung, dan siswa tidak mengecek ulang jawaban yang mereka dapat, sehingga tidak mengetahui perhitungan yang salah. Solusi yang dapat direkomendasikan untuk meminimalisir kesalahan konsep matematika siswa berdasarkan hasil penelitian yang relevan adalah membuat soal dengan bahasa yang lebih komunikatif, memberikan penjelasan konsep menggunakan alat peraga, guru menerapkan pembelajaran bermakna, memberikan latihan soal yang bervariasi, menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kondisi kelas, guru lebih banyak memberikan latihan soal, dan sebaiknya guru membiasakan siswa untuk memeriksa kembali jawaban yang sudah dibuat. Kata kunci : analisis kesalahan, gaya kognitif, Newman Error Analysis, bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, gaya kognitif, Newman Error Analysis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Winda Sulistyawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:10
Last Modified: 23 Jul 2021 02:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item View Item