PROSES PENGAJARAN MOSAIK DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

ARIAWAN, PUTU DUDIK (2019) PROSES PENGAJARAN MOSAIK DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412031022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412031022-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412031022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412031022-LAMPIRAN.pdf

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ditujukan untuk (1) Mendeskripsikan perencenaan pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 Sukasada. (2) mendiskripsikan proses pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 Sukasada.(3)Mengetahui hasil karya Mosaik siswa kelas XII Seni Murni di SMK Negeri 1 Sukasada. Pengumpulan data menggunakan meteode survey dengan empat teknik pengumpulan data yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan. Seluruh data yang diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode kepustakaan, disusun berdasarkan urutan masalah, kemudian dianalisis dengan cara (1) Analisis Domain (Domain Analysis), (2) Analisis Taksonomi ( Taxsonomic Analysis). Tahapan terakhir setelah semua data terkumpul yaitu melakukan penyusunan hasil Perencanaan Pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 sukasada tentu saja dengan penyiapan beberapa hal penting dalam pembelajaran yaitu; Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Sumber belajar, evaluasi. Kemudian Proses Pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 Sukasada dilakukan sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang tertera pada Rencana Relaksanaan Rembelajaran (RPP). Simpulan dari penelitian ini adalah (1)Perencanaan pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 Sukasada dilakukan dengan mempersiapkan silabus sebagai rambu rambu untuk pelaksanaan semua materi bahasan bahan pembelajaran satu bidang studi, kemudian RPP sebagai panduan langkah-langkah dalam proses pembelajaran. Selain itu guru juga menyiapkan media pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi.(2) Proses pengajaran Mosaik di SMK Negeri 1 Sukasada memiliki tiga tahapan yang pertama yaitu pendahuluan yang terdiri dari delapan kegiatan yang dilakukan selama 10 menit. Kedua kegiatan inti memiliki tiga bagian kegiatan yaitu eksplorasi, elaboeasi dan konfirmasi.tahap terakhir yaitu penutup yang memiliki tiga kegiatan dilakuan selama 30 menit.(3) Karya Mosaik siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sukasada dari tujuh karya siswa hanya dua karya yang dapat digolongkan sebagai karya Mosaik. Dan lima karya dapat digolongkan sebagai karya Kolase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Pengajaran, Mosiak, SMK Negeri 1 Sukasada
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Putu Dudik Ariawan
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:31
Last Modified: 25 Oct 2019 03:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item