ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN GROUNDSTRAP PADA KABEL KOIL BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH

Dharmawan, I Made Jati (2021) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN GROUNDSTRAP PADA KABEL KOIL BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715071013-COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715071013-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715071013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dari penambahan groundstrap pada kabel koil busi menggunakan material kawat perak dengan jumlah lilitan sebanyak 255 lilitan berdiameter 0.8 mm untuk memperoleh pengapian yang optimal. Penelitian ini dilakukan karena terganggunya sistem pengapian pada busi diakibatkan oleh medan elektomagnetik yang timbul pada saat arus listrik melewati kabel koil sehingga, cendrung mengarah keluar kabel koil melainkan fokus mengarah kebusi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen dengan pengambilan data sebanyak 10 pengulangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggununakan statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata dan persentase perubahannya. Hasil dari penelitian ini diperoleh penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terendah dicapai pada putaran mesin 5000 rpm sebesar 19,6 % dan tertinggi dicapai putaran mesin 8000 rpm sebesar 29 % ketika menggunakan kabel koil groundstrap. Sedangkan dimana untuk emisi gas buang HC terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 80,3 %. Kemudian untuk emisi gas Buang CO terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 82,3 %. Dan untuk emisi gas buang CO2 juga terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 36,7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Groundstrap, Konsumsi bahan bakar, Emisi gas buang.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Made Jati Dharmawan
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:23
Last Modified: 23 Jul 2021 08:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item