Dharmawan, I Made Jati (2021) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN GROUNDSTRAP PADA KABEL KOIL BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715071013-COVER.pdf Download (496kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715071013-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715071013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dari penambahan groundstrap pada kabel koil busi menggunakan material kawat perak dengan jumlah lilitan sebanyak 255 lilitan berdiameter 0.8 mm untuk memperoleh pengapian yang optimal. Penelitian ini dilakukan karena terganggunya sistem pengapian pada busi diakibatkan oleh medan elektomagnetik yang timbul pada saat arus listrik melewati kabel koil sehingga, cendrung mengarah keluar kabel koil melainkan fokus mengarah kebusi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen dengan pengambilan data sebanyak 10 pengulangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggununakan statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata dan persentase perubahannya. Hasil dari penelitian ini diperoleh penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terendah dicapai pada putaran mesin 5000 rpm sebesar 19,6 % dan tertinggi dicapai putaran mesin 8000 rpm sebesar 29 % ketika menggunakan kabel koil groundstrap. Sedangkan dimana untuk emisi gas buang HC terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 80,3 %. Kemudian untuk emisi gas Buang CO terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 82,3 %. Dan untuk emisi gas buang CO2 juga terjadi penurunan ketika kendaraan tersebut menggunakan kabel koil groundstrap sebesar 36,7 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Groundstrap, Konsumsi bahan bakar, Emisi gas buang. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I Made Jati Dharmawan |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 08:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 08:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7103 |
Actions (login required)
View Item |