PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Ayu Pusparini, Luh (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011012-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011012-ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan saat masa pandemi Covid-19, sehingga seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja sebanyak 180 orang yang tersebar dalam 5 kelas. Sebanyak dua kelas diambil sebagai sampel penelitian dengan teknik Cluster Random Sampling, yakni kelas VIII B2 dengan peserta didik sebanyak 36 orang dan kelas VIII B3 dengan peserta didik sebanyak 36 orang. Selanjutnya kedua kelas ini diundi untuk menetapkan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelompok kontrol. Data skor kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematika. Hasil uji normalitas dan homogenitas varians menunjukkan bahwa skor kemampuan berpikir kritis peserta didik berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai t_hitung=2,494 lebih dari t_tabel=1,671. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Google Classroom lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional secara daring. Jadi dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Peserta Didik, Flipped Classroom, Google Classroom
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Ayu Pusparini
Date Deposited: 25 Jul 2021 07:31
Last Modified: 25 Jul 2021 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item