Somyantari, Ni Wayan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDIC-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN LKS BERBASIS KONTRUKTVISME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (ABSTRAK)
1413011081-COVER.pdf Download (529kB) |
|
Text (COVER)
1413011081-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011081-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbantuan LKS berbasis pendekatan kontruktivisme terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja semester genap tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 341 orang yang terdistribusi ke dalam 11 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengundian terhadap 11 kelas yang merupakan populasi. Setelah dilakukan pengundian, terpilih 2 kelas yakni kelas VII B8 dan kelas VII B9. Kemudian dilakukan pengundian kembali untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil pengundian terpilih kelas VII B8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B9 sebagai kelas kontrol. Data mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%, dari hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 2, 060 dan ttabel = 1, 673. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran POE berbantuan LKS berbasis pendekatan kontruktivisme berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran POE, LKS berbasis pendekatan kontruktivisme, komunikasi matematis siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN SOMYANTARI |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 09:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 09:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/725 |
Actions (login required)
View Item |