DEVELOPING ANDROID-BASED ENGLISH FOLKTALES LEARNING MATERIALS TO DEVELOP COMMUNICATION SKILLS OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS

Adriyanti, Kadek Yunita (2021) DEVELOPING ANDROID-BASED ENGLISH FOLKTALES LEARNING MATERIALS TO DEVELOP COMMUNICATION SKILLS OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021181-COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021181-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021181-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021181-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021181-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan cerita rakyat sebagai materi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis android untuk mengembangkan keterampilan komunikasi. Penelitian ini menerapkan metode Desain dan Pengembangan (D&D) oleh Richey dan Klein (2007) dengan mengaplikasikan empat tahapan yaitu, 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, dan 4) Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas 6 dari SD N 1 Banjar Jawa, Bali. Kuesioner dan wawancara dilaksanakan untuk mengetahui kendala dan kebutuhan siswa dan guru dalam mengakses materi pembelajaran Bahasa Inggris di situasi pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa mengalami kendala dalam proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris selama pembelajaran jarak jauh dan mereka membutuhkan materi Bahasa Inggris yang dapat diakses dengan mudah selama pembelajaran jarak jauh. Siswa membutuhkan aplikasi pembelajaran pada smartphone yang menyediakan cerita-cerita menarik dan kegiatan pembelajaran komunikatif yang memungkinkan mereka melatih kemampuan komunikasi. Aplikasi Digital Folktalessebagai produk penelitian ini dikembangkan dalam bentuk file APK (Android Package Kit) menggunakan Microsoft Office PowerPoint, iSpring, dan APK Builder Pro. Aplikasi ini mempunyai 9 cerita rakyat Indonesia dengan 8 kegiatan pembelajaran. Produk ini diuji dan dievaluasi oleh dua ahli dalam bidang teknologi dan pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil menunjukan bahwa Digital Folktales dikategorikan sebagai aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang sangat baik. Dengan demikian, aplikasi Digital Folktales bermanfaat bagi siswa dan guru sebagai bahan pembelajaran bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan komunikasi. Implementasi kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi Digital Folktales untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar sangat disarankan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran Ponsel Cerdas, Cerita Rakyat, Keterampilan Komunikasi, Pelajar Muda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Yunita Adriyanti
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:09
Last Modified: 24 Jul 2021 08:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item