Pranata, I Made Agus Adi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA TOPIK SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031240-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031240-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (535kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031240-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031240-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik sumber energi kelas IV sekolah dasar, (2) mendeskripsikan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik sumber energi kelas IV sekolah dasar yang sudah teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi,dan tahap evaluasi. Namun untuk tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dapat dilakukan karena keterbatasan sumber daya dan waktu. Adapun subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik sumber energi. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu validitas media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik sumber energi. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videosribe yaitu metode kuesioner yang disebarkan kepada dua guru dan dua dosen yang ahli pada bidangnya. Kemudian dalam uji validitas media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe menggunakan rumus persentase untuk menyimpulkan deskripsi data kemudian dikonversikan ke dalam tabel skala lima. Hasil analisis data yang diperoleh: 1) hasil review ahli materi pembelajaran sangat baik (92,86%), 2) hasil review ahli desain pembelajaran sangat baik (96,36%), 3) hasil review ahli media pembelajaran sangat baik (95%), 4) hasil uji coba perorangan sangat baik (95%). Berdasarkan persentase hasil validitas dari keempat uji ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Sumber Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Agus Adi Pranata |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7272 |
Actions (login required)
View Item |