Putri, Kadek Dhea Paramitha Amara (2021) SPEECH ACTS ANALYSIS OF PRE-SERVICE TEACHERS AND STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021097-COVER.pdf Download (920kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021097-ABSTRACT.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021097-BAB 1.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021097-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021097-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021097-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021097-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021097-REFERENCES.pdf Download (56kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021097-APPENDIX.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru PPL dan siswa serta menganalisis jenis-jenis fungsi pembelajaran tindak tutur yang digunakan oleh guru PPL SMK Negeri 1 Singaraja dalam percakapan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran. Observasi dilakukan di grup WhatsApp kelas 11 A dan B Perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja. Data hasil observasi dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang dikembangkan dari teori tindak tutur oleh Searle (1969) dan teori fungsi instruksional oleh Johnson (1997). Wawancara dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan secara online karena pandemi Covid-19. Hasil temuan menunjukkan ada empat jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru PPL, yaitu direktif, representatif, komisif, dan ekspresif. Guru PPL lebih dominan menggunakan tindak tutur direktif, dan siswa dominan menggunakan tindak tutur representatif. Guru PPL lebih dominan menggunakan tindak tutur direktif karena pendekatan yang digunakan di dalam kelas dan untuk membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Sementara itu, siswa memiliki empat jenis tindak tutur, yaitu representatif, direktif, komisif, dan ekspresif. Selanjutnya, siswa menggunakan tindak tutur representatif lebih dominan untuk lebih aktif di kelas dan mendapat umpan balik dari guru PPL Ada tiga jenis fungsi instruksional tindak tutur guru PPL, yaitu kontrol, organisasi, dan motivasi. Direktif berfungsi sebagai kontrol. Selanjutnya komisif berfungsi sebagai organisasi. Tindak tutur yang terakhir, ekspresif, berfungsi sebagai fungsi motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak tutur, Fungsi Instruksional, Guru PPL, Siswa |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Dhea Paramitha Amara Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7284 |
Actions (login required)
View Item |