PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TOPIK JARAK DAN KECEPATAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 SEPANG KELOD TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Arina, Ni Komang Sri Asih (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TOPIK JARAK DAN KECEPATAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 SEPANG KELOD TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031045-COVER.pdf

Download (344kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031045-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031045-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran pada topik jarak dan kecepatan kelas V SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D yang memiliki empat tahap, yaitu: yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, karena situasi pandemi maka penelitian ini hanya dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan saja. Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata validasi media video pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 4,72, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli materi 4,75, dengan kualifikasi sangat baik. (4) review siswa uji perseorangan 4,77 dengan kualifikasi sangat baik. (5) review siswa kelompok kecil 4,61 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk video pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bawa produk video pembelajaran dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Jarak dan Kecepatan, Model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sri Asih Arina
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:18
Last Modified: 24 Jul 2021 09:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item View Item