Aryanata, I Made Wahyu (2021) THE IMPLEMENTATION OF VOICE NOTE ON WHATSAPP APPLICATION AS A TOOL FOR TEACHING SPEAKING ENGLISH IN TENTH GRADE AT SMA CANDIMAS PANCASARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021243-COVER.pdf Download (392kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021243-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021243-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021243-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021243-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan voice note untuk mengajarkan keterampilan berbicara di SMA Candimas Pancasari melalui topik teks recount. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan angket serta dianalisis secara deskriptif. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk memilih subjek penelitian, dimana ada 1 guru bahasa Inggris dan 77 siswa yang telah diteliti oleh peneliti untuk diamati, diwawancarai, dan diberikan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi voice note dapat dilakukan melalui delapan langkah yaitu pada pra kegiatan, kegiatan utama, dan pasca kegiatan. Terkait implementasinya, guru juga menemui beberapa kendala, yaitu koneksi internet, partisipasi rendah, kosakata siswa yang kurang, akses yang buruk di daerah terpencil, dan kesulitan guru dalam mengevaluasi tugas siswa. Selain itu, siswa memberikan pendapat yang positif terhadap penerapan voice note pada WhatsApp di kelas, hal ini dapat dibuktikan dimana siswa dominan memilih “setuju” dan “sangat setuju” pada pernyataan yang diperoleh dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Voice note, Tantangan, opini siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Made wahyu Aryanata |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 12:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 12:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7339 |
Actions (login required)
View Item |